Langsung ke konten utama

Sebenarnya Saya...


Bismillahirrahmanirrahim.
Saya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Saya hanya merasa tidak nyaman jika ada orang yang mengatakan saya itu baik.

Saya hanya manusia yang lemah. Sekali dipuji, takut lalai. Saya takut lalai, jika dipuji. Ada potensi terjadinya kelalaian jika dipuji.

Haruskah saya memberitahukan kesalahan-kesalahanku yang tidak kalian ketahui? Padahal Allah sudah merahasiakan aibku. Mengapa aib yang sudah dirahasiakan-Nya malah saya umbar?


Untuk itu, di sini saya hanya mengatakan bahwa saya hanya manusia yang masih belajar, tidak sempurna, dan berkeinginan jadi lebih baik tapi tidak ingin dikatakan alim.

Apa yang saya ketahui mengenai hal yang baik, maka insya Allah saya sampaikan ke yang lain agar yang lain jadi ikutan lebih baik. Tidak enak rasanya jika ada orang yang dikenal dibiarkan terjerumus. Akan tetapi, perlu diingat bahwa Allah membenci orang yang menasihati tapi tidak melaksanakan nasihatnya sendiri.

Apa-apa yang tidak saya ketahui, tentu saja tidak saya sampaikan. Saya masih perlu belajar. Tapi, bukan berarti saya tidak berdakwah.

Bantu saya untuk menjadi lebih baik dengan tidak mengatakan saya itu orang yang alim. Alangkah baiknya, saya dianggap orang yang biasa, yang miskin ilmu, tapi tidak jahat.

Jazakumullah khairan :)

Komentar