Langsung ke konten utama

Mencoba Membaca Tweet Secara Psikologis


Zaman sekarang orang udah pada keasyikan ngetwit. Dan kadang tweetnya itu buat kesel, ngakak, nge-jleb, dan macam-macam deh.

Nah, aku mencoba untuk menelusuri beberapa tweet dan membaca tweet itu secara psikologis. Maksudnya, aku mencoba mencari jawaban kenapa sih tweet itu bisa di-tweet dan kenapa pada saat itu dia ngetweet yang gituan. Kenapa aku mencoba melakukan ini? Yah, karena asyik aja gitu, apalagi tweet nya yang coba dibaca secara psikologis itu agak menyampah di timeline

Oke, check it out.

1. Ava Baru
Nah, ini udah jadi tweet yang bagi sebagian tweeps wajib di-tweet pas baru ganti ava baru. Biasanya mereka ngetwit: "Yuhuuu.. ava baru" atau yang paling sederhana: "Ava baru :)"
Menurutku, momen penggantian ava itu adalah sesuatu yang bisa dikatakan momen terpenting bagi mereka. Karena ava mereka yang lama sudah bertengger di timeline dan sudah dilihat banyak orang sehingga jika sudah berganti ava baru, harus dilapor dulu. FYI, aku juga pernah melapor udah ganti ava baru tapi secara tidak langsung. Misalnya dengan tweet: "'Allahu Akbar!!!', kata orang yang di dalam ava" pas aku ganti ava dengan pose tangan digenggam menjunjung ke atas dengan teman-teman yang lain. Hehehe....

2. Lapeerrr :(
Tweet ini juga sering kita baca di timeline. Nah, yang membingungkan adalah kenapa ya dia malah lebih milih ngetwit daripada ngambil makan? Terlebih lagi, kalo yang ngetwit itu bukanlah anak kos melainkan anak rumahan yang masih tinggal sama orang tua yang makanannya masih tersedia 'jelas'. Kalo anak kos sih, mungkin wajar ngetwit yang begituan sekadar cari hiburan di kala lapar.
Tapi tweet itu tidak menjadi aneh jika orang yang ngetwit itu adalah orang yang makanan di rumahnya habis, dan untuk membeli makanan harus berjalan kaki atau naik motor yang jaraknya lumayan jauh. FYI, kalo aku laper, aku ngetwit dengan memplesetkan ke masalah lain bukan laper.

3. Ngantuk -,-
Bingung juga sih sama ini tweet. Kenapa dia nggak tidur aja daripada ngetwit? Tapi, kalo ngetwit: "Ngantuk banget nih, tapi gue harus ngerjain tugas" menurutku sih wajar. Dia mencoba mencari hiburan di twitter di tengah tugasnya padahal dia ngantuk. Serius, menurutku wajar. Tapi kalo ngetwit:
"Ngantuk, tapi nggak bisa tidur". Iya, aku juga bingung. Ah, yasudahlah...

4. Sumpah ya, tweet lo itu buat semak timeline gue aja
Nah, ini dia tweet yang juga unik menurutku. Orang yang ngetwit yang begituan sadar gak sih dia juga buat semak timeline? Muehehe... ._.v

5. Eh, lo gak usah nyindir ya. Gue nggak suka disindir tau lo. Ngomong langsunglah. Gentle bro!
Hayooo... siapa yang sadar ada yang salah di dalam tweet ini? Yups, sebenarnya yang ngetwit juga udah nyindir. Jadi, beliau seharusnya nggak boleh ngetwit yang begituan.Kenapa nggak boleh? Lah, kalo dia nggak suka disindir, kenapa dia menyindir???

6. Fuck sama lo! Nggak usah ngomong kasar sama gue tauk!
Hmmmm...bapak kamu...*kabuuuurrrr*

7. Ngetwit semua kegiatannya permenit.
Mau tau contohnya?

"Ah, badan udah bau" 17.30"Okelah gue mandi dulu" 17.31"Ah, sial lupa beli sabun bro" 17.32"Okesip, saatnya ke swalayan beli sabun" 17.33"Oke lanjut mandi" 17.45"Anjrit, aernya mati. Gimana mau mandi :(" 17.47"Nggak jadi mandi gue" 17.47"Ah, bosan juga" 17.49"Kayaknya enak keluar nih" 17.51"Ah, tapi diluar banyak ular" 17.52"Nggak jadi keluar deh" 17.52"Asiikk!!!" 17.55"Fufufufufu" 17.56"Hahahaha" 17.57"Alay banget sih loe" 17.58"Aku rindu kamu lo boy :(" 18.00"Anjrit, kamar kosan sebelah gue ribut banget" 18.03"macem mau demo aja ya" 18.04"Udah ngajak berantem ini" 18.04"Panas" 18.05

keterangan: angka menunjukkan jam ngetwit.

Kalo yang kayak gini perlu dijelasi nggak? Hmmm..tapi ya intinya hidupnya keseringan serba salah deh kayaknya. Tapi itu terserah beliau yang ngetwit begituan. Tapi, dia juga seharusnya menghormati follower nya dong. Sebenarnya menarik gak dibaca, bermanfaat gak dibaca. Gitu doang sih.

8. Asyik, udah buka puasa \(‾▿‾\) \(´▽`)/ (/‾▿‾)/
Tweet yang dipost pas buka puasa ini juga buat aku nggak ngerti. Pas baca tweet ini beberapa menit setelah buka, aku mencoba menerka-nerka dan berpikir "kenapa bisa sempat ya?" sambil memikirkan dia megang hape-nya lalu menyeruput es teh atau sirup dan sedetik kemudian dia mengetik  "Asyik, udah buka puasa \(‾▿‾\) \(´▽`)/ (/‾▿‾)/" sambil memikirkan sesuatu yang ada di twitter. Ah, tapi kenapa aku memikirkan ini ya -,-


Nah, udah gitu aja tweet-tweet yang menurutku menarik untuk dibahas?

Li, kau pernah ngetwit yang begituan nggak? Nyalahi orang aja kau

Aku kurang tau sih. Bisa aja kan tanpa sadar aku ngetwit yang begituan. Lagipula, aku nggak nyalahi mereka. Ingat! Aku nggak menyalahkan mereka. Aku cuma mencoba membaca tweet dari sisi yang menarik dan tidak melarang tweetnya KECUALI YANG NOMOR 6 DAN 7. Itu hampir nggak bisa ditolerir. Muehehehe...
Kalo aku tiba tiba ngetwit hal-hal yang mirip di atas, tolong ingati secara langsung dengan baik-baik ya :D Karena aku juga nggak mau followers ku merasa tidak nyaman seperti halnya aku yang tidak nyaman dengan hal yang begituan jika muncul di TL =))

Li, kau pernah ngingeti orang yang ngetwit hal yang begituan, nggak?
Well, aku nggak pernah ngingeti secara langsung karena aku tidak tau pasti gimana tipe orangnya jika diingeti. Tapi kalo aku yang buat kesalahan di atas, ingeti aku ya dengan cara baik-baik. Jangan langsung main berantem. Huwahaha.. :D

Nah, untuk Etika dalam Twitter-an bisa kamu baca di postingan yang ini ya :)

Oke, Assalamualaikum :D

Komentar

  1. setuju
    tapi kalau nge-tweet permenit itu ada gunanaya lho. Terutama kalau buronon. Polisi jadi gampang nangkepnya

    17.30 sembunyi di tong sampah ah
    17.31 ih kok bauk #Najongabis#
    17.32 sembunyi di kotak pos aja ah :D

    gampang ditangkap kan? twitter emang gak ada matinya

    BalasHapus
  2. mampir pertama di blog ini nih :D
    nyimak dulu ah..

    salam kenal ya :)
    salam dari..
    pelajar-begooo.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @Redmercon: Astaga, demi apa sanggup ngetwit pas genting. Huwahahaha =))

    BalasHapus
  4. maksudnya psikologis apa ya? masih belum ngerti, kalo menurut gua itu mah namanya jenis-jenis tweet yang ga penting/spaming

    BalasHapus
  5. spamming ya. Yah, Alay facebook juga udah ikutam migrasi ke twitter soalnya :p

    BalasHapus
  6. @dwi: huwaaa.. hampir seperti kabar buruk :p

    BalasHapus
  7. lebih tepat lagi judulnya "tweet-tweet gak penting"

    oke nice post!

    BalasHapus
  8. hehehe, kalo soal judul gue nggak masalah sih, fine fine aja, bahkan udah bisa narik gue buat baca kok :3. twitter addict itu bisa dikategorikan nomer 7 kayaknya, haha untungnya gue masih terlalu waras buat jadi twitter addict, karena itu bener bener "addict".

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. yg no 7 bkn twitter addict tapi twitter lebay hahaha

    BalasHapus
  11. @lazkar ngelangi: wah iya tuh. sebenarnya pengen cari perhatian calon pembaca. haha.. makasih ya :D
    @ega primebound: huwahaha.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar