Langsung ke konten utama

Sebenarnya Indonesia Itu "Hebat"!

Saya yakin Indonesia itu hebat.
Buktinya: (kalo saya nggak salah) Setiap ada olimpiade sains internasional, perwakilan Indonesia selalu mendapatkan medali.
Pertanyaan: Lalu, mengapa Indonesia sering menyatakan kalo masyarakatnya bodoh-bodoh?
Saya berani ngasih pernyataan kalo orang Indonesia itu memang banyak yang pintar.  Terus kenapa banyak yang bilang, terutama orang Indonesianya sendiri yang bilang kalo negaranya bodoh?
Satu hal yang pasti, gak ada satu negarapun yang semua rakyatnya pintar (ya, pastilah -__-). Sebenarnya jawabannya sederhana: Rakyat Indonesia dipaksa mempelajari semua pelajaran tanpa memikirkan minat siswa dari awal. Oke, kalo SD bolehlah mempelajari hal yang pada umumnya dipelajari, tapi kalo SMA kenapa harus mempelajari banyak juga? Kenapa cuma dibagi IPA atau IPS? Kenapa nggak disesuaikan aja sama yang benar-benar diminati siswa kayak yang diluar negeri itu? Mereka bisa ngambil pelajaran yang mereka suka dengan ketentuan tertentu pastinya. Oke, memang sih kehidupan ilmu Indonesia ini udah dibagi 2, yaitu IPA dan IPS. Dan saya yakin juga nggak bisa merubah itu.
Tapi, saya yakin juga,
kalo pelajar di Indonesia diberi kebebasan dalam memilih pelajaran dengan ketentuan tertentu dan kewajiban tertentu, pelajar Indonesia akan lebih mahir dalam minat dan bakatnya.
Intinya: banyak rakyat Indonesia yang bodoh karena dipaksa mempelajari yang bukan minatnya, padahal kalo dia terus mempelajari hal yang diminatinya, maka pasti dia semakin mahir karena fokus


Sebenarnya Indonesia itu hebat.
Saya yakin banyak pejabat pemerintahan yang memikirkan negara. Saya yakin, lebih banyak pejabat yang memikirkan rakyatnya daripada yang tidak. Tapi kenapa kenyataan di lapangan sepertinya pemerintah tidak memikirkan rakyat?
Menurut saya itu karena ada pejabat yang cuek. Apalagi kalo yang cuek itu yang mempunyai jabatan tinggi. Walaupun yang cuek sedikit, tapi itu berpengaruh kan?

Sebenarnya Indonesia itu hebat.
Yang buat tidak hebat rakyatnya sendiri. SERING SEKALI rakyat Indonesia mencemooh negaranya sendiri. Terkadang ngomong: "Ah, Indonesia mana ada maju-majunya"
Atau: "Ah, Indonesia kan nggak disiplin waktu"
Atau: "Indonesia kan pemalas"

Nah, pernyataan seperti itulah yang sering buat saya bingung. Apakah yang ngomong seperti itu tidak termasuk orang Indonesia?
Apakah dia nggak termasuk orang yang nggak ada maju-majunya, yang nggak disiplin waktu, dan pemalas?
Dan mungkin saja saya termasuk dari golongan di atas karena saya menulis tentang ini yang mengkritik orang yang ngomong kalimat di atas. Iya, kan :)

Sebenarnya Indonesia itu hebat, kan? :)


Jangan lupa share di twitter dan facebook, ya! :)

Komentar