Langsung ke konten utama

Tips Agar Lulus PTN Favorit

Well, semua orang tau kalo PTN adalah incaran para siswa yang baru lulus UN, apalagi PTN yang terkenal ato bisa dibilang favorit gitu. Kayak UGM kayaknya (kalimat yang gak bukan tidak efektif sangat kali)yang sekarang merupakan PTN peringkat pertama di Indonesia, uh, bejibun orang yang ikutan daftar, tapi cuma sebagian kecil dari banyaknya peserta yang diluluskan. Ato, kayak STAN yang pernah dapat rekor MURI sebagai sekolah tinggi dengan jumlah peserta USM nya terbanyak di Indonesia. Mck...mck..

Nah, karena dari itu, gue mo ngasih tau tips" untuk masuk PTN favorit. Btw, gue sekarang udah takut ngadepi yang namanya UN, SNMPTN, SPMB, dan USM STAN. Tapi, mudah"an, ketakutan ini membawaku pada usaha sehingga sukses.

Yah, ini gue ambil dari berbagai sumber dan termasuk pendapat gue sendiri (jangan gemetar ya kalo ini sebagian dari ide gue). Oke, apa ajakah itu?

1. Perbesar impian kita.
Yap, gue bilang, kalo kesuksesan itu tergantung dari seberapa besarnya impian kita. Mengapa? Karena, semakin besar impian kita, otomatis semakin besar kemauan kita. Kemauan itu membawa kita pada usaha. Sehingga, ketika kita berusaha, kita sebenernya mendekati kesuksesan. wits, berat amat kalimatnya yak. Yah, tapi inilah kalimat dari gue yang sekarang ditulis di papan tulis kumpulan kalimat" motivasi atopun hadis di Musola Smansa (agak bangga dikit).
Jadi, mulailah dari bermimpi.

2. Pikirkan apa yang terjadi jika kita lulus ato tidak lulus di PTN.
Ya, kenapa ini harus dilakukan ? Kalo kita udah mikir kalo kita akan lulus di PTN, tentu kita akan terus berguiat belajar, karena kita udah tau bagusnya jika kita lulus di PTN. Begitu juga kalo kita udah memikirkan kali kita gak lulus, karena kita udah tau hal buruk apa yang akan terjadi setelahnya.

3. Ingat jasa orang tua.
Ini pentng juga, lho. Kita harus tau tujuan orang tua merawat kita. yah, semua orang tua saya rasa punya tujuan yang sama dalam mendidik anaknya, yaitu agar anaknya jadi orang yang berguna. jadi, apalagi?

4. Beribadah dengan taat
Selain melakukan ibadah wajib, kita juga lakukan ibadah sunah, dong. Karena ibaadah sunah adalah pahala tambahan untuk pelakunya.

UGM
STAN
dari semua itu, intinya kita harus berusaha dan BELAJAR. Ingat, gue ngasih tau ini bukan berarti gue pintar banget, lho. Sebenernya gue sendiri udah keburu takut duluan. Huhuhu....

Oke, bagi kakak" kelas XII tahun 2010/2011, semoga lulus UN tahun 2011, dan lulus di PTN favorit. Amin.

Komentar