Langsung ke konten utama

Tips Berkendara



Sekarang aku mo ngasih tips berkendara nih. aku ngasih tips bukan berarti aku tu bener ya. aku kan cuma kasih pendapat aku aja. Just do it.

1. Beli Kendaraan
Yap. Poin ini gak bleh dilupakan. Selain membuat kita bisa berkendara, punya kendaraan sendiri bisa membuat kita lebih aman. Kan kalo kita berkendara pake kendaraan orang lain bisa bahaya. Kenapa? Selain karena gak punya uang untuk ganti rugi kalo terjadi kecelakaan, kita bisa dianggap oang yang gak tau malu (jujur. aku merasa ngawur sekarang)

2. Belajar berkendara
Sekarang, setelah beli kendaraan, kita kudu belajar deh. Kenapa? Karena, kalo kita udah pande berkendara, kita jadi aman deh. (lagi" ngawur)

3. Ketahui peraturan lalu lintas
Setelah kita pande berkendara, kita kudu tau tuh yang namanya peraturan lalu lintas. Ya, gak? Contohnya, kita harus tau arus berkendara, kita harus tau tempat" rawan. Kita juga harus tau tempat untuk melakukan hal yang pas di tempat yang pas (kalimat yang sangat amat paling gak ogah tidak efektif). Kalo kagak, kita jadi berfose untuk foto pas di depan kita lagi ada truk yang siap dan ikhlas menabrak kita (#ngawur mode: on)

4. Lengkapi suku cadang kendaraan
Ini wajib kita lakukan demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Selain onderdil" yang umum (loe pasti tau, kan) kita juga perlu pakai sesuatu untuk membuat kita aman. Contohnya jaket, sarung tangan, dan helm, juga jangan lupa pake sepatu.

5. Ikuti kecepatan arus
Ketika kita di jalan, kita harus menyesuaikan kecepatan kendaraan kita dengan arus jalanan. Bukan. Yang aku maksud bukan arus sungai ya. Tapi, arus jalan. Ingat arus jalan. Apa tu arus jalan? Arus jalan adalah suatu keadaan dimana keadaan benda dalam keadaan diam dan jika diberi gaya, benda akan bergerak dengan gaya yang besarnya tergantung pada massa benda dan percepatan (ini maksudnya apa ya?). Oke, arus itu adalah kecepatan kendaraan" di jalan.
Jadi, kalo di jalanan banyak kendaraan yang melaju dengan cepat, kia juga harus melaju dengan cepat. Ini  tujuannya agar kita mengurangi kemungkinan untuk ditabrak dari belakang. Jika kita melaju dengan lambat di arus jalan yang cepat, maka besar kemungkinan kita akan ditabrak dari belakang. Tapi, jangan sampe deh ya.

6. Jangan asal memotong
Maksud memotong ini adalah mendahului kendaraan lain. Ini istilah dari Medan. Gak tau deh istilah di daerah lain.
Contohnya gini. Misalkan kita berjalan dibelakang sebuah mobil yang lambat. Kita mau mendahului mobil sialan itu karena kita udah sesak boker banget. Nah, untuk mendahului mobil itu, jangan ambil daari sisi kiri, tapi ambillah posisi kanan. Kenapa jangan ambil sisi kiri? Karena, kemungkinan besar mobil itu akan menyerempet kita dengan tidak sengaja. Nah, sebelum ngambil posisi kanan, kita harus cek belakang kita. Apakah ada kendaraan yang akan mendahului kita dari kanan juga.
Pokoknya jangan asal kebut aja.

7. Waspada pada jenis kendaraan berikut
Ada beberapa jenis kendaraan yang patut untuk dihati-hatikan (apaan sih kalimatnya)
What are they? They are:
a. Angkot.
Yupz. Anglot adalah jenis kendaraan yang paling bahaya. aku menempatkannya pada urutan pertama, lho. Kenapa angkot? Karena angkot itu suka"nya aja untuk berhenti secara mendadak, suka"nya aja untuk ngambil sisi kiri, suka"nya aja untuk mendahului, suka"nya aja membunyikan klakson, suka"nya aja marahi kendaraan lain, dan suka"nya yang lainnya.
b. Becak
Sekarang, kendaraan yang patut dihati"kan nomor dua adalah becak. Alasannya hampir sama, cuma bedanya, kalo angkot mendahului suka" masih mau pake lampu tangan, tapi kalo becak, huh, gak pernah. Ini bisa bahaya. Jadi, kalo kamu mau mendahului becak, hati" deh.
c. Motor yang dikendarai cewek
aku juga memasukkan jenis kendaraan ini ke dalam daftar kendaraan yang patut dihati"kan. Kenapa? Alasannya sama dengan becak.
d. Dan kendaraan lain yang jika kita tidak hati" maka akan ditabrak juga.

8. Ingat keluarga
Ingatlah, kalo keluarga kita menunggu kita di rumah. Jadi, berhati"lah sama nyamuk (gak nyambung gitu loh)

9. Jangan ikuti semua saran aku

Komentar

  1. follow blog dan follow twitter menurut saya bukan "tips berkendara" la kak,,,????
    hehehhe

    BalasHapus

Posting Komentar